Ikhtisar Trading Dan Panduan Untuk Trader Pemula

Ikhtisar Trading Dan Panduan Untuk Trader Pemula

23/11/19

Mengenal Trading dan Panduan Untuk Trader Pemula - Mungkin anda sering mendengar istilah mengenai trading biasanya seseorang yang ingin mengetahui Apa itu trading indetik dengan seseorang yang memiliki jiwa entrepreneur.
Bagaimana Memulai Trading ?
Trading dan Simulasi
Dalam bisnis online istilah trading ini sangatlah populer dikarenakan tidaklah jarang kita mengetahui banyak orang yang sukses berbisnis melalui trading, oleh karena itu mungkin terpikir dalam benak kita kenapa tidak mencobanya.

Secara bahasa trading berasal dari bahasa Inggris yang artinya melakukan pertukaran barang atau produk dari pihak satu ke pihak lainnya untuk mencari keuntungan atau dalam istilah trading yaitu profit dengan pelakunya yang disebut"Trader".

Bentuk trading pertama yaitu dikenal dengan barter pertukaran barang dan hingga munculnya jenis kegiatan trading baru yaitu pertukaran aset mata uang.

Setelah kemunculan aset mata uang, kegiatan Trading mengalami perubahan. Proses dan jenis pertukaran menjadi lebih efisien dengan adanya pembagian penawaran (jual/sell) dengan permintaan (beli/buy). Karena peningkatan efisiensi ini, setiap orang memiliki potensi untuk mendapat surplus keuntungan atau profit dibanding modal awalnya.

Contoh transaksi jual beli trading

Ikhtisar Trading Dan Panduan Untuk Pemula

Saya adalah penjual sofa Saya menyiapkan uang 50 juta sebagai modal awal.  dengan modal awal tersebut saya memproduksi 10 kursi sofa Setelah itu saya memasarkannya dengan harga jual setiap sofa Rp.7.500.000. Beberapa bulan kemudian produk  yang saya pasarkan telah laku terjual.

Dari hasil penjualan kursi sofa tersebut saya mendapat pemasukan senilai Rp.75.000.000. Dengan begitu, saya mendapatkan keuntungan sebesar 34% Dari hasil penjualan produk tersebut.


Kegiatan trading masa kini

Ikhtisar Trading Dan Panduan Untuk Pemula

Hingga ditemukannya alat tukar terstandarisasi, kegiatan trading mulai mengalami perkembangan yang pesat. Selain pertukaran produk ataupun jasa konvensional. Pasar sebagai market pertukaran memberikan sebuah peluang berupa trading dengan bentuk mata uang.

Dalam Trading ada istilah Profit dan Loss.

  • Profit adalah telah mencapai target keuntungan yang diinginkan.
  • Loss adalah mendapatkan kerugian karena target keuntungan tidak tercapai dan berakhir sebaliknya.

Saya memiliki modal senilai Rp.50.000.000, pada saat itu kurs Dollar berada pada angka Rp.14.500 saya membeli Dollar pada harga saat itu sebanyak uang yang saya miliki, dan saya mendapatkan sejumlah $ 3448 USD. Tiga hari kedepan kurs dolar mengalami kenaikan hingga pada angka Rp.15.000 pada posisi ini saya melakukan tindakan sell yang berarti jual. Saya pun mendapatkan keuntungan profit dari kenaikan harga kurs Dollar dengan pemasukan uang kembali dengan nominal Rp.51.720.000.

Contoh dan Simulasi Trading Masa Kini

Ikhtisar Trading Dan Panduan Untuk Pemula Agar Bisa Profit

Trading mata uang digital cryptocurrency Bitcoin menjadi salah satu trading dengan mata uang yang sedang populer dikarenakan fluktuatif harga yang luar biasa.

Pada tahun 2015 harga Bitcoin menduduki posisi angka Rp.3.000.000 dalam  3 tahun kedepan tidak disangka fluktuatif harga mencapai posisi Rp.300.000.000 sungguh harga yang fantastis.

Untuk memulai trading Anda harus mempersiapkan kemantapan mental, hitungan yang baik, dan kesabaran.

Kali ini Saya akan melakukan trading berupa mata uang digital cryptocurrency yaitu Bitcoin.

Penjelasan Harga dan Grafik Perubahan Harga Dalam Trading

Ikhtisar Trading Dan Panduan Untuk Pemula Agar Tisak Loss

Seperti yang anda lihat di atas adalah harga market grafik perubahan harga dengan tampilan indikator trading.

Harga market adalah harga yang menjadi start awal dalam kita melakukan transaksi pembelian buy ataupun penjualan sell.

Di bawah gambar Bisa Anda lihat saya memberikan keterangan untuk grafik yang ada di atas. Anda bisa lihat ada tampilan bar merah dan juga berhijau masing-masing saya beri keterangan.

  • Bar merah yang bisa anda lihat pada grafik di atas berarti menandakan harga Market untuk penjualan Bitcoin sedang menurun. Pada posisi ini anda dapat melakukan pembelian.
  • Bar hijau pada grafik di atas yang berarti menandakan harga market untuk penjualan Bitcoin sedang meningkat. Pada posisi ini anda dapat melakukan penjualan aset tersebut karena pada posisi inilah anda akan mendapatkan keuntungan atau profit.

Ikhtisar Trading Dan Panduan Untuk Pemula Tanpa Loss
Untuk lebih mudahnya saya memberikan gambaran simulasi cara trading seperti gambar yang ada di atas.

Seperti yang Anda lihat di atas ada menu tab beli Bitcoin dan satu lagi menu tab jual Bitcoin. Anda dapat melihat perbedaannya dari kedua Sisi dan Sebagai tambahan saya memberikan keterangan di bawah di setiap gambar.

Pada keterangan harga sebelum, yang berarti harga 1 Bitcoin pada saat itu adalah Rp.102.101.000, ini adalah harga awal saat kita akan melakukan pembelian atau tindakan ( buy ).

Pada keterangan harga sesudah, yang berarti harga satu Bitcoin mengalami perubahan. Pada simulasi ini saya memberikan gambaran contoh kenaikan harga dengan nominal 1 Bitcoin adalah Rp.110.150.000, pada posisi inilah kita dapat melakukan penjualan atau tindakan ( sell ) untuk mendapatkan profit.

Mengenai apa itu trading dan bagaimana memulainya seperti penjelasan Saya diatas Anda sebagai pemula tentunya memahami teknik mudah dalam trading yang Saya gambarkan diatas melalui simulasi yang diberikan.

Trading merupakan kegiatan transaksi yang beresiko, karna harga pasar yang bersifat fluktuatif ( Berubah-ubah ). Oleh karena itu Anda harus mempersiapkan segala kesiapan untuk melakukan trading.

Ingin memulai Trading ? 

Coba mulai mendaftar disalah satu market trading terpercaya di Indonesia dengan klik link atau gambar dibawah ini,