Bisnis Online, Konsep dan Cara Memulainya

Bisnis Online, Konsep dan Cara Memulainya

15/11/19

Bisnis Online dan Bagaimana Memulai

Bisnis Online adalah hal yang tidak asing lagi mungkin bagi seorang yang menggeluti bisnis melalui internet marketing atau e-marketing. Namun bagaimana bagi seorang yang awam pemula? Mari kita bahas.
Pengertian Bisnis Online dan Bagaimana Memulainya

Apa Itu Bisnis Online ?

Bisnis online adalah salah satu cabang bisnis yang dilakukan melalui pemasaran secara online atau internet marketing.

Bagi seorang yang telah terbiasa berbisnis mungkin masih juga belum paham bagaimana cara berbisnis secara online. Mungkin jika secara langsung sudah banyak orang terbiasa berbisnis namun bagaimana jika berbisnis secara online.

Ada berbagai macam cara berbisnis online dikarenakan telah banyak media internet yang bisa menjadi perantara seseorang untuk berbisnis secara online.

Perbedaan Bisnis Online Dengan Offline


Berbisnis online ini tidak jauh berbeda dengan berbisnis secara offline, yang membedakan berbisnis online dan offline hanya dari cara pemasarannya saja.

Jika pemasaran produk yang semulanya melaui media yang sering Kita lihat yaitu brosur, media seperti buku, koran, majalah dan media langsung lainnya.

Berbisnis secara online dilakukan hanya dengan salah satu langkah mudah yaitu pemasaran secara online melalui berbagai macam media online dengan teknik pemasaran internet ( internet marketing )
Ke Daftar isi


Bagaimana Memulai Bisnis Online ?


Terpikirkan oleh Kita karena memiliki suatu pencapaian yaitu dengan salah satunya merperluas jaringan bisnis dengan segala macam metode bisnis.

Bisnis Online dan Bagaimana Memulainya


Namun kali ini Kita akan memulai berbisnis online melalui internet, menjangkau pelanggan dengan cara pemasaran online atau marketing online.

Memulai bisnis online akan lebih mudah dibandingkan dengan metode yang sebelumnya Kita lakukan.

Ke Daftar isi


Persiapan dan Keperluan Untuk Berbisnis Online


Hal yang Kita harus lakukan ketika ingin berbisnis secara online :

  • Mempersiapkan produk/jasa
  • Merpersiapkan Media Promosi
  • Mempersiapkan budget
  • Mempersiapkan keterampilan atau skill


Ke Daftar isi
Mari kita bahas satu persatu...

Mempersiapkan produk atau jasa

Pada persiapan berbisnis online ini Kita harus menyiapkan atau menyediakan produk atau jasa apa yang akan Kita berikan kepada pelanggan dan serta tentunya dengan penjelasan mengenai jasa dan produk yang Kita tawarkan.

Mempersiapkan media promosi

Bisnis Online dan Bagaimana Memulainya

Media promosi dalam bisnis online adalah salah satu alat metode yang digunakan untuk melakukan pemasaran secara online.

Media pemasaran online berupa :


Website adalah salah satu media terbaik dalam memasarkan suatu produk atau jasa selain akan menunjukan sisi profesional seorang pebisnis juga dapat menjangkau lebih banyak pelanggan melalui direktori internet.

Media Sosial lebih dikenal oleh banyak kalangan karena media internet yang satu ini adalah media yang paling banyak digunakan oleh banyak orang dari berbagai macam kalangan. Selain digunakan sebagai tempat media bersosialisasi namun media sosial sekarang lebih banyak dimanfaatkan sebagai ladang bisnis terutama untuk seorang marketer online.

Iklan media yang satu ini adalah metode terbaik dalam melakukan pemasaran secara online terutama untuk bisnis Kita.

Iklan dapat mencangkup lebih banyak pelanggan dengan perantara berbagai macam media untuk sarana penerbitan iklan.

Beriklan sendiri terbilang salah satu cara paling efektif dalam memasarkan produk atau jasa secara online karena iklan sudah dipastikan memiliki target pencapaian untuk diraih.

Mempersiapkan Budget

Budget atau dana pembantu adalah hal pertama yang harus Kita siapkan, untuk meraih pelanggan secara cepat adalah dengan dana yang telah disiapkan.

Bisnis Online dan Bagaimana Memulainya


Dana akan lebih dipergunakan dalam keperluan pemasaran online seperti pembelian jasa promosi berupa iklan, bantuan seseorang dan untuk mendapatkan hasil dari usaha mempromosikan atau memasarkan produk secara online.

Mempersiapkan keterampilan atau skill

Skill sangatlah diperlukan dalam menunjang pemasaran internet yang berkualitas dan profesional.

Keterampilan akan sangat berguna  untuk mendapatkan hasil lebih dalam pemasaran online. Orang atau calon pelanggan akan lebih memilih yang berkualitas dan terpercaya berdasarkan kualitas yang Kita miliki oleh karena itu Kita harus memiliki berbagai macam keahlian.

Keahlian atau skill yang diperlukan diantaranya :

  • Marketing / Internet Marketing
  • Content / Copywriter
  • Management
  • dan keahlian penunjang lainnya


Dari semua persiapan diatas yang perlu Kita miliki sebelum berbisnis secara online mungkin sudah Kamu miliki tentunya.

Orang yang ingin berbisnis secara online adalah dari kalangan pebisnis, dan bahkan yang memang baru ingin mencoba.

Jadi mulailah siapkan beberapa hal yang Saya jelaskan diatas dan siapkan mental Kamu untuk bersaing dengan jutaan pebisnis online yang ada diseluruh dunia.